STABILITAS KAPAL PANCING TONDA DI KABUPATEN SINJAI
Main Article Content
Abstract
Kapal pancing tonda paling dominan digunakan nelayan di kabupaten sinjai dibuat secara tradisional dan tidak memiliki perencanaan sebelumnya sehingga kestabilan kapal pada saat pengoperasian tidak diketahui.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas kapal pancing tonda yang digunakan nelayan di Kabupaten Sinjai.Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap kapal pancing tonda yang digunakan nelayan.Menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan mewakili tiga ukuran kapal yaitu 15,80 m (kecil), 18,00 m (sedang), dan 20,27 m (besar).Sampel dibuatkan model berdasaarkan dimensi utama kapal menggunakan program Maxsurf v8.i kemudian disimulasikan untuk memperoleh nilai stabilitas kapal sampel pada 3 kondisi yang berbeda (kapal berangkat, kapal beroperasi, dan kapal pulang). Hasil penelitian menunjukkan kapal yang diteliti memiliki nilai Cb=0,25-0,28, Cp=0,56-0,58, Cm=0,56-0,65, Cw=0,46-0,49 dan nilai GZ Max pada 3 kondisi yang berbeda berada pada kisaran 0,73-0,99 telah memenuhi nilai standarisasi yang telah ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO).
Article Details
References
Farhum SA. 2010. Kajian Stabilitas Empat Tipe Kasko Kapal Pole and Line.Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan.Volume 2.Nomor 2 Desember 2010. Halaman 53-61.
Fyson J. 1985. Design of Fishing Vessel.FAO-Fishing News Book, Ltd. England
Hind J. A. 1982.Stability and Trim of Fishing Vessels.Fishing News (Books) Ltd.Second Edition.
Hutauruk RM. 2013.Perhitungan Stabilitas Kapal Perikanan Melalui Pendekatan Ukuran Utama dan Koefisien Bentuk Kapal.Jurnal Perikanan dan Kelautan 18.1.Juni 2013. Halaman 48-61.
Iskandar BH. & Pujiati.1995. Keragaan Teknis Kapal Ikan di Beberapa Wilayah Indonesia.Fakultas Perikanan dan I1mu Kelautan, lnstitut Pertanian Bogar, Bogor.
Istopo C. 1972. Stabilitas Kapal. Yayasan Corps Alumni Akademik Ilmu Pelayaran (CCAIP). Jakarta
Kantu LP., Kalangi NI., & Polii JF. 2013. Desain dan Parameter Hidrostatis Kasko Kapal Fiberglass Tipe Pukat Cincin 30 GT di Galangan Kapal CV Cipta Bahari Nusantara Minahasa Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 1 (3) Juni 2013. Halaman 81-86.
Marjoni B., Iskandar H., & Imron M. 2010.Stabilitas Statis dan Dinamis Kapal Purse Seine di Pelabuhan Pantai Lampulo Kota Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam.Jurnal Marine Fisheries. Volume I. Nomor 2 November 2010. Halaman 113-122.
Novita Y., Martiyani N., & Ariyani R E. 2014. Kualitas Stabilitas Kapal Payang Palabuhan Ratu Berdasarkan Distribusi Muatan. Jurnal IPTEKS PSP. Volume 1. Nomor 1 April 2014. Halaman 28-39.
Pangalila FPT. 2011. Stabilitas Statis Kapal Pole and Line KM. Aldeis di Pelabuhan Perikanan Aertembaga Bitung Sulawesi Utara.Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis.Volume VII-1. Halaman 21-26.
Pratiwi L. 2012. Analisis Desain Kapal Cantrang di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.Skripsi tidak dipublikasikan.Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.
Rahman A.,& Novita Y. 2006. Studi Tentang Bentuk Kasko Kapal Ikan di Beberapa Daerah di Indonesia.Jurnal Torani. Volume 16 (4) Edisi Desember 2006. Halaman 240-249.
Sahlan., Samudro., Wibowo H., Arifin., & Ahmad SM. 2012. Kajian Disain Kapal Cepat Berbahan Aluminium Sebagai Sarana Transportasi Sungai dan Laut yang Aman, Nyaman dan Ramah Lingkungan.Prosiding InSINas. Halaman 81-86.
Tailor LG. 1997. The Principle of Ship Stability.Brown and Son Publisher Ltd. Nautical Publisher.52 Darnley Street.Glasgow.
Tumiwa JH., Masengi KWA., & Pamikiran RDCh. 2012. Stabilitas Dinamis Kapal Pukat Cincin di Sulawesi Utara.Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis.Volume VIII-3. Halaman 76-79.
Yoshimura Y. & Kosanagi Y. 2004.Design of Small Fisheries Research Vessel with Low Level of Underwater-Radiated Noise.Journal Marine Acoustic.Soc. Jpn. Vol. 31 No. 3 Juli 2004. Page 1-9.