TROFIK LEVEL DAN STATUS SUMBERDAYA IKAN YANG TERTANGKAP DENGAN GILLNET MILLENIUM DI PERAIRAN LAUT KABUPATEN BANJAR TROPHIC LEVEL AND STATUS OF FISH RESOURCES CAUGHT WITH GILLNET MILLENIUM IN SEA WATER DISTRICT OF BANJAR

Main Article Content

Siti Aminah
Tika Pratiwi

Abstract

Dalam Pengelolaan perikanan tangkap sering dihadapi terancamnya kelestarian sumberdaya ikan akibat kesetidakseimbangan tingkat trofik di ekosistem perairan. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengidentifikasi secara teknis alat tangkap gillnet millenium; (2) Mengetahui Jenis ikan hasil tangkapan berdasarkan ukuran panjang ikan dan trofik level; (3) Menentukan status perikanan tangkap dengan menggunakan alat tangkap gillnet millenium. Metode yang digunakan pada saat penelitian adalah metode penelitian survei dan Deskriptif analistik. Bahan dan alat yang akan digunakan pada saat penelitian diantaranya adalah kuesioner, alat tulis, meteran, Software Microsoft Excel, kamera serta peralatan lainnya yang diperlukan. Analisis data diolah berdasarkan Komposisi hasil tangkapan utama dan sampingan, dikelompokkan berdasarkan spesiesnya, kemudian diukur panjang ikan. Komposisi hasil tangkapan dianalisis dengan menggunakan Software Microsoft Excel untuk melihat perbandingan jumlah dan bobot antar spesies. Spesies hasil tangkapan diklasifikasikan nilai trofik level dari Fish Base Online yang menyediakan informasi trofik level dari jenis dan komposisi makanan.


Hasil penelitian menunjukan: (1) Gillnet millenium adalah jaring yang berbentuk persegi panjang, terdiri dari tali ris atas, tali pelampung, badan jaring, tali ris bawah, tali salambar, pemberat dan tali pemberat. Mesh size 4 -5 inchi, panjang 30 – 1000 meter, lebar 5 meter. (2) Jenis ikan hasil tangkapan yaitu Ikan Kakap (Lates calcarifer), Ikan Bawal (Pampus argenteus), Ikan Senangin (Eleutheronema tetradactylum), Ikan Tenggiri Papan (Scomberomorus guttatus), Ikan Manyung (Arius thalassinus), Ikan Hiu (Carcharhinus sp), dan Ikan Pari (Dasyatis sp). (3) Trofik level hasil tangkapan yaitu Ikan Bawal, Ikan Pari dan Ikan Manyung (TL3), Ikan Kakap (TL 4), Ikan Senangin, Ikan Hiu dan Ikan Tenggiri papan (TL5).


 


 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Siti Aminah, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Perkanan Tangkap Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru

Tika Pratiwi, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Perkanan Tangkap Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru

References

Froese R dan D Pauly. 2000. Fish Base: Consepts, Design and Data Sources. Philippine: International Center for Living Aquatic Resources Management.

Hovgard dan Lassen, 2000 diacu dalam Rakhmadevi, 2007. Jaring Insang (Gillnet). Serial Teknologi Penangkapan Ikan Berwawasan Lingkungan. Bogor : Departemen PemanfaatanSumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, InstitutPertanian Bogor.

Kamarga H. 2010. Metode Penelitian dalam Kurikulum dan Pembelajaran. www.unhas.ac.id. [6Agustus2016].

Nazir, M. 2005. Research Methods, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Pauly, D. Fishing down Canadian aquatic food webs. Canadian j. fish. Sci., 58, 51-62(2001).

Ramdhan D. 2008. Keramahan Gillnet Millenium Indramayu Terhadap Lingkungan: Analisis Hasil Tangkapan [Skripsi]. Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 68 hal.

Saputra. 2009. Beberapa Aspek Biologi Ikan Kuniran (Upeneusspp) di Perairan Demak. Jurnal Saintek Perikanan.Vol1.No.1.

Soekanto. 1996. Pengantar Penelitian hukum. Universitas Indonesia. Jakarta.
Stergioutal KI, DK Moutopoulus, HJA Casal dan K Erzini. 2007. Trophic Signatures of Small-Scale Fishing Gears: Implications for Conservation and Management. Marine Ecology Progress Series. No. 333: 117 - 128.

Tiro, M. A. 2003. Dasar-dasar Statistika. Edisi Revisi. State University of Makassar Press. Makassar.