ANALISIS USAHA DAN PROSPEK PEMASARAN TERIPANG (Holothuria SP) DI DESA MUARA KINTAP KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis keuntungan dan menganalisis prospek pemasaran teripang. Penelitian dilaksanakan di Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provisi Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dan metode wawancara, penentuan lokasi penelitian dipilih secara purposive atau sengaja. Pengambilan data pada responden dilakukan secara sensus yang artinya keseluruhan sampel responden diambil datanya. Keseluruhan nelayan yang dijadikan responden yaitu sebanyak 10 orang nelayan pemilik kapal usaha penangkapan teripang, dimana setiap nelayan pemilik kapal ini memiliki anak buah kapal (abk) sebanyak 9 hingga 12 orang. Teripang yang dijual sudah dalam bentuk setengah jadi karena sudah dilakukan dua kali proses pemasakan, teripang ini biasanya dijual kepulau Jawa dan Bangka Belitung sebelum akhirnya di ekspor kebeberapa Negara seperti Cina, Vietnam, dan Jepang. Analisis yang di gunakan pada penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu analisis keuntungan dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai π tertinggi berjumlah Rp. 329.705.000,00/tahun nilai π terendah yaitu Rp. 54.188.000,00/tahun dan rata-rata nilai π Rp. 228.224.800,00/ tahun. Untuk mengetahui prospek usaha teripang digunakan analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang terdapat pada usaha penangkapan teripang berdasarkan analisis SWOT diketahui bahwa usaha penangkapan teripang masih lemah namun memiliki peluang yang tinggi untuk dikembangkan hal ini dapat diketahui dari tingginya resiko usaha yang tinggi yaitu berupa resiko keselamatan kerja namun masih memiliki peluang karena teripang sendiri merupakan komoditi ekspor dimana permintaan teripang tergolong tinggi. Saluran pemasaran teripang merupakan saluran pemasaran tidak langsung, saluran pemasaran teripang yaitu : produsen/nelayan teripang, pengumpul, pabrik pengemasan teripang, ekspor, pedagang, konsumen
Article Details
References
Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia Utama
Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
David, Fred R. 2008. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Darsono Prawinegoro. 2007. Akutansi Manajemen, edisi 2, Jakarta : Mira Wacana Media
Dewi Elfidasari, N. N. 2012. Identifikasi teripang genus holothuria asal perairan sekitar kepulauan seribu berdasarkan perbedaan morfologi. Jakarta.
D. Prastowo Dwi dan Rifka Julianti. 2008. Analisis laporan keuangan konsep dan aplikasi (edisi kedua),YogyakartaUPP STIM YKPN
Ferdouse, F. 2004. World Markets and Trade Flows of sea cucumber/beche-demer. Sea. FAO fisheries technical paper. Roma: FAO. 101- 131
Freddy Rangkuti. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta.
Freddy Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif : Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hansen dan Mowen. 2001. Akuntansi Manajemen Biaya Jilid 2. Jakarta : Salemba Empat.
Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayat, Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru: Suska Pres.
Hyman, L. H. 1955. The invertebrate Vol. IV: Echinodermata. McGraw-Hill Book Company, Inc. New York.
J. Supranto. 2008. Statistika Teori dan Aplikasi, edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kiseo, Donald E,Weygandt, Jerry J, Dan Warfield, Terry D. 2002. Akutansi intermediate, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumberdaya Manusia edisi 5, cetakan pertama,BPFE Yogyakarta
Nur Indrianto, Supomo, B. 1999. Metodelogi penelitian untuk bisnis .Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta.
Padang, A., E. Lukman dan M. Sangadji. 2015a. Kandungan Gizi Teripang Pasir yang Dipelihara di Kurungan Tancap (Pen-culture). J.Neritic 6 (2). Hal : 108-112
Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
Soekartawi. 1987. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta. Penerbit Rajawali.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Tajerin dan Mohammad Noor. 2004. Daya Saing Udang Indonesia di Pasar Internasional; Pendekatan Pangsa Pasar Menggunakan Model Ekonometrika. Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Yusron, E. 2001. Keanekaragaman Jenis Ekhinodermata Di Perairan Teluk Kuta, Nusa Tenggara Barat. Makara, Sains, Vol. 13 : 45-49