ANALISIS USAHA DAN PROSPEK PEMASARAN TERIPANG (Holothuria SP) DI DESA MUARA KINTAP KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Main Article Content

Tri Dekayanti
Erma Agusliani
Anis Rahayu

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis keuntungan dan menganalisis prospek pemasaran teripang. Penelitian dilaksanakan di Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provisi Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dan metode wawancara, penentuan lokasi penelitian dipilih secara purposive atau sengaja. Pengambilan data pada responden dilakukan secara sensus yang artinya keseluruhan sampel responden diambil datanya. Keseluruhan nelayan yang dijadikan responden yaitu sebanyak 10 orang nelayan pemilik kapal usaha penangkapan teripang, dimana setiap nelayan pemilik kapal ini memiliki anak buah kapal (abk) sebanyak 9 hingga 12 orang. Teripang yang dijual sudah dalam bentuk setengah jadi karena sudah dilakukan dua kali proses pemasakan, teripang ini biasanya dijual kepulau Jawa dan Bangka Belitung sebelum akhirnya di ekspor kebeberapa Negara seperti Cina, Vietnam, dan Jepang. Analisis yang di gunakan pada penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu analisis keuntungan dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai π tertinggi berjumlah Rp. 329.705.000,00/tahun nilai π terendah yaitu Rp. 54.188.000,00/tahun dan rata-rata nilai π Rp. 228.224.800,00/ tahun. Untuk mengetahui prospek usaha teripang digunakan analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang terdapat pada usaha penangkapan teripang berdasarkan analisis SWOT diketahui bahwa usaha penangkapan teripang masih lemah namun memiliki peluang yang tinggi untuk dikembangkan hal ini dapat diketahui dari tingginya resiko usaha yang tinggi yaitu berupa resiko keselamatan kerja namun masih memiliki peluang karena teripang sendiri merupakan komoditi ekspor dimana permintaan teripang tergolong tinggi. Saluran pemasaran teripang merupakan saluran pemasaran tidak langsung, saluran pemasaran teripang yaitu : produsen/nelayan teripang, pengumpul, pabrik pengemasan teripang, ekspor, pedagang, konsumen


 


 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Tri Dekayanti, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan

Erma Agusliani, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan

Anis Rahayu, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan

References

Albar, A. I. 2013. Usaha Perikanan Teripang dan pengembangannya dikepulauan seribu provinsi DKI Jakarta. Jakarta.

Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia Utama

Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

David, Fred R. 2008. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Darsono Prawinegoro. 2007. Akutansi Manajemen, edisi 2, Jakarta : Mira Wacana Media

Dewi Elfidasari, N. N. 2012. Identifikasi teripang genus holothuria asal perairan sekitar kepulauan seribu berdasarkan perbedaan morfologi. Jakarta.
D. Prastowo Dwi dan Rifka Julianti. 2008. Analisis laporan keuangan konsep dan aplikasi (edisi kedua),YogyakartaUPP STIM YKPN

Ferdouse, F. 2004. World Markets and Trade Flows of sea cucumber/beche-demer. Sea. FAO fisheries technical paper. Roma: FAO. 101- 131

Freddy Rangkuti. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta.

Freddy Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif : Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hansen dan Mowen. 2001. Akuntansi Manajemen Biaya Jilid 2. Jakarta : Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayat, Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru: Suska Pres.

Hyman, L. H. 1955. The invertebrate Vol. IV: Echinodermata. McGraw-Hill Book Company, Inc. New York.

J. Supranto. 2008. Statistika Teori dan Aplikasi, edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kiseo, Donald E,Weygandt, Jerry J, Dan Warfield, Terry D. 2002. Akutansi intermediate, Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumberdaya Manusia edisi 5, cetakan pertama,BPFE Yogyakarta

Nur Indrianto, Supomo, B. 1999. Metodelogi penelitian untuk bisnis .Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta.

Padang, A., E. Lukman dan M. Sangadji. 2015a. Kandungan Gizi Teripang Pasir yang Dipelihara di Kurungan Tancap (Pen-culture). J.Neritic 6 (2). Hal : 108-112

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Soekartawi. 1987. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta. Penerbit Rajawali.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Tajerin dan Mohammad Noor. 2004. Daya Saing Udang Indonesia di Pasar Internasional; Pendekatan Pangsa Pasar Menggunakan Model Ekonometrika. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Yusron, E. 2001. Keanekaragaman Jenis Ekhinodermata Di Perairan Teluk Kuta, Nusa Tenggara Barat. Makara, Sains, Vol. 13 : 45-49