POTENSI LESTARI DAN MUSIM PENANGKAPAN IKAN GULAMAH YANG DIDARATKAN PADA PELABUHAN PERIKANAN MUARA KINTAP

Main Article Content

Eka Anto Supeni
Putri Mudhlika Lestarina
Widia Lesmanawati

Abstract

Pengetahuan tentang berapa besar potensi lestari dan pola musim penangkapan ikan pada suatu wilayah perairan menjadi penting untuk fungsi kontrol dan monitoring terhadap tekanan penangkapan yang dilakukan terhadap sumberdaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengestimasi potensi lestari dan pola musim penangkapan ikan gulamah yang didaratkan pada Pelabuhan Perikanan Muara Kintap Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli hingga Oktober 2020. Pendekatan yang digunakan adalah surplus production model yang dikembangkan oleh shaefer  untuk menganalisis potensi lestari ikan gulamah, dan indeks musim penangkapan ikan untuk menduga pola musim penangkapan ikan gulamah yang didaratkan pada Pelabuhan Perikanan Muara Kintap. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya Potensi lestari, Maximum Sustainable Yield sumberdaya ikan gulamah pada Pelabuhan Perikanan Muara Kintap diestimasi mencapai 13.388 ton per tahun dengan tingkat upaya optimum fMSY adalah 5.598 trip per tahun. Jumlah tangkapan maksimal yang dibolehkan atau Total Allowable Catch (TAC) sebesar 10.710 ton per tahun. Dari data produksi aktual ikan gulamah dengan hasil jumlah tangkapan yang dibolehkan, maka tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan gulamah baru mencapai 27.32 persen.. Kemudian hasil analisis dugaan musim penangkapan ikan gulamah yang didaratkan pada Pelabuhan Perikanan Muara Kintap sebaiknya penangkapan ikan dilakukan pada bulan Oktober-Desember dan Februar-April, karena sumberdaya yang melimpah pada bulan-bulan tersebut.


 


 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Eka Anto Supeni, Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Perikanan dan Kelautan

Putri Mudhlika Lestarina, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Ilmu Kelautan

Widia Lesmanawati, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

References

[BRPL] Balai Riset Perikanan Laut. 2004. Musim Penangkapan Ikan. Jakarta: Balai Riset Perikanan Laut, Pusat Riset Perikanan Tangkap, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan. 116 halaman.
Fauzi, A. 2006. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 259 halaman.
Haluan, J. 2001. Analisis Potensi dan Musim Penangkapan Ikan Tenggiri (Scomberomorus sp) di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di dalam: Buletin PSP Volume x No. 2. Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Hal. 73-76.
, P. and S.C. Venema, 1999. Introduksi Pengkajian Ikan Tropis: Buku 1 Manual. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Bekerjasama dengan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 337 halaman.
Subani, W dan HR Barus. 1989. Alat Penangkap Ikan dan Udang Laut di Indonesia. JakartaDepartemen Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, BalaiPenelitian Perikanan Laut. 248 halaman.
Widodo. 2002. Pengantar Pengkajian Stok Ikan. Pusat Riset Perikanan Tangkap. Badan Riset Kelautan dan Perikanan. Jakarta. 16 halaman.
Widodo dan Suadi, 2006. Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Laut. Yogyakarta: UGM Press. 222 halaman.