PENERAPAN MODEL ENVIRONMENTAL QUALITY INDEX (EQI) UNTUK MENGETAHUI STATUS MUTU KUALITAS AIR DI WADUK RIAM KANAN KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Main Article Content

Abdur Rahman
Zairina Yasmi
Dewi Rosiana

Abstract

Sumberdaya alam yang terdapat di sekitar manusia adalah sumberdaya perairan. Pengolahan kialitas air dilakukan dengan upaya pengendalian pencemaran air, dengan memelihara fungsi air sehingga kualitas air memenihi baku mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status mutu kualitas air di waduk Riam Kanan dengan mengguakan metode STORET, IP dan EQI serta pengaruh parameter kualitas air terhadap status mutu air. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – November 2019. Metode penelitian ini menggunakan purposive  sampling dan survey lapang. Data dari hasil di lapangan dan laboratorium kemudian dianalisis menggunakan metode  STORET, IP, EQI serta Regresi Linier Berganda. Hasil dari metode STORET menunjukkan nilai -14 dengan klasifikasi kelas C kategori Cemar Sedang. Hasil dari metode IP menunjukkan status mutu air di Waduk Cemar Ringan. Hasil dari metode EQI menunjukkan status mutu Waduk Sangat Tercemar, sedangkan hasil dari Regresi Linier Berganda menunjukkan hubungan antara kualitas air dengan status air mutu Sangat Kuat. Hal ini menunjukkan bahwa setiap metode memiliki kriteria status mutu yang berbeda.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Abdur Rahman, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan

Zairina Yasmi, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan

Dewi Rosiana, Universitas Lambung Mangkurat

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan

References

Arfiati, Diana. 2009. Strategi Peningkatan Kualitas Sumberdaya pada Ekosistem Perairan Tawar. FPIK- Universitas Brawijaya : Malang

Badan Pusat Statistik, 2014. Kalimantan selatan Dalam angka 201. ISSN : 0215-2258.

Badan peneliti Dan pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, 2008. Laporan Penelitian. Kajian Potensi Sumber Daya Perikanan Darat Dan laut Di Kalimantan Selatan.

Beveridge, M.C.M. 1984. Cage and Pen Fish Farming. Carrying Capacity Models and Environment Impact. FAO Fish.Tech. Pap., 255:1-131.
Brahmana, S.S., Y. Summarriani dan F. Ahmad. 2010. Kualitas Air dan Eutrofikasi Waduk Riam Kanan di Kalimantan Selatan. Dalam Prosiding Seminar Nasional Limnologi V.
Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta.

Elfrida, 2001. Analisis Kandungan Organik dan Anorganik Sedimen Limbah Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Mininjau Provinsi Sumatera Barat. Pp.59-100.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2006. Penanganan Tanah Longsor dan Erosi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nurhidayah, T. 2012. Analisis Kualitas Air Sungai Di Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Dengan Menggunakan Metode Environmental Quality Index (EQI). Skripsi. Unversitas Lambung Mangkurat Fakultas Perikanan. Banjarbaru.

Menteri Lingkungan Hidup. 2003. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003, tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2001. Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Kementerian Lingkungan Hidup. Jakarta.

Pratista. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah statistik Dan Rancangan Percobaan Dengan SPSS 12. PT. TLEX Komputind. Jakarta.

Rahman, A, Danoedoro, P, Pranomo, H. 2010. Analisis Spektral Secara Linier (LSMA) Citra Terra Modis Untuk Kajian Estimasi Limpasan Permukaan (Studi Kasus Sub DAS Riam Kanan dan Sekitarnya). Tesis. Universitas Gadja Mada, Yogyakarta.
Sofarini, D, Rahman, A, Riduan, I. 2009. Studi Analisis Pengujian Logam Berat Pada badan Air, Biota Dan Sedimen Di Perairan Muara DAS Barito. Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Perikanan. Banjarbaru.